Tentang Kami

 Lokasi Kami:

___________________________________________________________________________________
Nama         : MIN 21 BIREUEN
NSM                               :       111111110021        
NPSN         : 60703295
Alamat         : Jalan Medan Banda Aceh Gampong Teupok Teunong  
Kode Pos         : 24251
Desa/Kelurahan : Teupok Teunong
Kecamatan          : Kec. Jeumpa
Kabupaten                  : Kab. Bireuen
Propinsi                          : Prov. Aceh
Status Sekolah : Negeri

MIN 21 Bireuen di dirikan pada tahun ± 1962 dari Dana Swadaya Masyarakat  dan Dana DIPA Kanwil Departemen Agama Provinsi Aceh terletak di Desa Teupok Teunong Kecamatan Jeumpa MIN ini letaknya di Jalan Nasional Medan Banda Aceh dengan mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat.  Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, ada prestasi yang telah dicapai oleh MIN 21 Bireuen antara lain lulusan setiap tahun selalu 100 %.

MIN 21 Bireuen memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, kesiswaan, pendanaan, serta peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.

Madrasah Dasar sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional serta pendidikan di daerah masing - masing. Oleh karena itu MIN 21 Bireuen perlu memiliki visi dan misi Madrasah. Dengan adanya visi dan misi MIN 21 Bireuen dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendididkan yang dicita - citakan. Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan MIN 21 Bireuen 

A. VISI MADRASAH 

Terwujudnya Anak Didik yang Berakhlaqul Karimah, Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan.

Indikator :
  • Bertutur kata, berperilaku dan bersikap berdasarkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki daya saing yang tinggi untuk memasuki SMP / MTs favorit di Kabupaten Bireuen.
  • Mampu meraih kejuaraan dalam berbagai even lomba baik bidang akademis maupun non akademis.
  • Memiliki kemandirian dalam kehidupan masyarakat.
  • Memiliki kepedulian  terhadap pelestarian lingkungan dan pencegahan kerusakan lingkungan.

B. MISI  

  • Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat dan Islami (menjadikan madrasah sebagai laboratorium keagamaan)
  • Melaksanakan pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan yang berbasis pelestarian fungsi lingkungan sekitar.
  • Memberikan wadah kepada siswa guna mengenali potensi diri sejak dini dan mengembangkannya secara optimal.
  • Melaksanakan pembiasaan siswa berakhlaqul karimah dan pembiasaan cinta sesama dan lingkungan.
  • Menciptakan lingkungan yang bersih , rapi, indah dan sehat.
  • Menerapkan managemen partisipatif dengan melibatkan segenap komponen madrasah yang ada.
  • Menanamkan kepada siswa jiwa peduli terhadap lingkungan dan pelestariannya.
  • Mengembangkan usaha-usaha dalam pelestarian lingkungan hidup.

C. TUJUAN

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 21 Bireuen  memiliki tujuan :
  • 90 % lulusan dapat diterima di MTs / Dayah / SMP favorit di wilayah kabupaten Bireuen dan sekitarnya.
  • Berprestasi dalam even berbagai lomba akademis maupun non akademis di   tingkat kabupaten hingga nasional.
  • Madrasah mampu memberikan layanan penunjang pendidikan; Perpustakaan, Laboratorium, UKS, Bimbingan dan konseling, kantin, Mushala secara maksimal.
  • 80 % siswa memiliki kesadaran yang tinggi dalam melaksanakan kewajiban ibadah wajib dan bertindak sesuai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  • 80% siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar
  • 80% siswa memiliki simpati dan empati dalam pelestarian lingkungan dan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan.

D. MOTTO

Mendidik Sepenuh Hati

Gambaran mengenai keadaan Madrasah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir  dapat dikemukakan sebagai berikut :

E. PROSES BELAJAR MENGAJAR

Pelaksanaan PBM di MIN 21 Bireuen berjalan dengan baik mengingat tenaga pendidik dan jumlah peserta didik sesuai dengan keperluan. Pelaksanaan pembelajaran paikem di MIN 21 Bireuen sudah berjalan 3 tahun, sehingga trampil menampakkan ini di setiap kelas.

F. KESISWAAN

1. Jumlah siswa setiap tahun stabil dengan jumlah yang besar, karena apabila jumlah siswa dibatasi  akan mengakibatkan terjadinya demo dari masyarakat.
2. Jumlah siswa yang mengulang dari kelas 1 sampai dengan kelas VI adalah ± 3 siswa
3. Karena adanya kesadaran dari orangtua sehingga tidak adanya siswa yang putus Madrasah.
4. Ketidakhadiran siswa rata - rata dikarenakan alasan sakit ataupun ijin tidak lebih dari 2%.
5. Rata - rata nilai UAS dan UPM setiap tahun cenderung naik.
        - Sebagai hasil upaya maksimal dari guru,  maka setiap tahun kelas VI lulus 100%.
        - Dari seluruh jumlah lulusan tersebut (100 %), semua siswa dapat diterima di Dayah, MTSN 
        sederajat favorit.
6. a. Dari jumlah siswa 497  ada 25 siswa yang memerlukan perhatian khusus karena  mengalami
            kesulitan belajar.
        b. Siswa dengan kategori cerdas kurang lebih 30% dari jumlah keseluruhan siswa.

Beberapa prestasi akademik yang sudah mencapai tingkat kota diantaranya pelajaran matematika, sedangkan untuk nilai UN mendapatkan peringkat ke-3 dari sejumlah 15 Madrasah. Untuk perkembangan kegiatan ekstrakulikuler, pada masing - masing jenis kegiatan jumlah peserta bertambah.

G. KETENAGAAN

1. Dari 30 orang guru memiliki ijazah S1, sedangkan 2 orang berijazah S2, 2 orang berijazah Diploma   dan kesemuanya berdedikasi tinggi.
2. Untuk menunjang managemen Madrasah, maka kepala Madrasah dibantu dua tenaga TU
3. Untuk menjaga keamanan dan kebersihan Madrasah diperlukan seorang satpam.

H. SARANA DAN PRASARANA

1. Sarana
Sarana pembelajaran belum dapat dikatakan lengkap karena fasilitas yang ada hanyalah ruang pembelajaran.

2. Prasarana
Prasarana penunjang pembelajaran di semua kelas belum tersedia secara keseluruhan sesuai dengan jumlah siswa.

3. Meubeler
20 % dari jumlah kursi di kelas - kelas dalam keadaan rusak ringan.

4. Perpustakaan / UKS
Sampai saat ini perpustakaan dan UKS masih menggunakan rak buku yang ada.

5. Buku
Jumlah buku dan sumber belajar belum lengkap, untuk kelas I sampai dengan kelas VI belum semua buku pelajaran tersedia. 

I. KEUANGAN

Kondisi keuangan di MIN 21 Bireuen ini cukup baik sudah bisa memenuhi kebutuhan operasional Madrasah yang bersumber dana dari BOS dan ada kalanya dari partisipasi komite, wali murid dan tokoh masyarakat lainnya.

J. PERAN SERTA MASYARAKAT

1. PSM membantu aktif terhadap pengembangan Madrasah berupa tenaga, dan pikiran.
2. Telah disusunnya kepengurusan yang baik dan ideal
3. Kontribusi dan fungsi pengurus sudah baik.

K. LAYANAN KHUSUS

  1. Layanan perpustakaan masih perlu penambahan buku dan pembenahan - pembenahan karena minat siswa ke perpustakaan masih 30 % dari seluruh jumlah siswa, hal ini dikarenakan perpustakaan kurang menarik.
  2. Bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, Madrasah memberikan layanan khusus berupa bimbingan oleh guru kelas di luar jam pelajaran dan tidak dipungut biaya.